*Popular Topic*

Cara Melihat Kode batang QR akun WhatsApp

» , » Melacak Ponsel Hilang dengan Aplikasi Find My Device

Melacak Ponsel Hilang dengan Aplikasi Find My Device



Melacak Ponsel android yang hilang atau terselip di suatu tempat tentu pekerjaan susah-susah mudah, ada deretan aplikasi yang populer digunakan oleh para pengguna android untuk melacak keberadaan ponsel yang hilang layaknya ADM atau android Device Manager. Namun kali ini admin akan sedikit membahas tentang aplikasi Find My Device sebagai alternatif menemukan Ponsel hilang.

aplikasi lacak ponsel hilang dengan find my device

Seseorang bisa saja kehilangan atau kelupaan meletakkan ponselnya di suatu tempat dan tentu cara paling efektif untuk berjaga-jaga bila suatu saat nanti memang benar terjadi kehilangan ponsel maka settingan security di ponsel harus diubah agar bisa dilacak.

Pada semua cara kerja aplikasi pelacak android yaitu bila ada akses terhadap aplikasi ke dalam perangkat yang bersangkutan. Jadi bila settingan Remote security-nya tidak dinyalakan maka mustahil ponsel bisa ditemukan dengan memanfaatkan scan jaringan GPS dari aplikasi.

Nah, bila saat ini ponsel anda aman-aman saja maka lakukan langkah preventif sebelum nantinya benar kejadian lupa atau kehilangan smartphone kesayangan. Lalu bagaimana langkah untuk melakukan setting agar ponsel bisa dilacak?, mudah saja Silahkan masuk ke Setting > Google > Security. Kemudian aktifkan fitur Remote Data Wipe dengan mengenable 'Allow Remote Lock and Erase'

Cara diatas untuk tipe smartphone keluaran terbaru, namun bila ponsel anda tidak adda menu seperti diatas maka lakukan langkah berikut, Masuk ke Settings > Android Device Manager > Allow Remote Factory Reset lalu aktifkan.

Dengan kondisi settingan seperti diatas maka bila smartphone hilang atau lupa menaruhnya bisa dilacak melalui aplikasi Find My Device dan aplikasi sejenisnya. Lalu untuk kejadian melacak ponsel hilang namun lupa apakah menu tersebut diaktifkan atau tidak sebelumnya maka bisa saja dicoba dilacak bila nantinya terdeteksi berarti dulunya pengguna sudah pernah mengaktifkan setting Allow remote-nya.

Cara Lacak HP Hilang dengan Find My Device
1. Silahkan unduh aplikasi Find My Device dari play store dari ponsel teman

2. Sesudah terinstall, lakukan Login ke akun google milik ponsel yang hilang. Tanpa memasukkan akun tersebut maka mustahil akan terlacak dan aplikasi tidak akan bisa melanjutkan prosesnya.

3. Setelah proses Login maka akan dimintai izin akses lokasi, klik saja 'accept' untuk dapat melanjutkan

4. Nah, nantinya akan terpampang tampilan dengan beberapa opsi didalamnya serta status ponsel yang hilang saat itu

cara melacak ponsel android hilang

5. Bila ponsel tidak aktif akan terlihat di notifikasi kapan terakhir online, Lokasi ponsel ada di Maps yang bisa di zoom ( agar lebih presisi aktifkan pula GPS di ponsel yang digunakan untuk melacak)

6. Opsi yang ada di Find My Device diantaranya :



  • a. Play Sound, dengan menekan opsi ini maka ponsel yang hilang tadi akan berdering dan bergetar selama lima menit dengan maksimum volume, dan yang paling canggih walaupun ponsel dalam kondisi silent namun tetap saja akan berdering keras. Jadi walau ada teman usil yang mengantongi ponsel anda bisa dengan mudah ditemukan dengan mode ini.
  • b. Opsi Lock, dengan menggunakan opsi Lock maka anda bisa mengunci android jarak jauh. Setelah opsi lock anda tekan nantinya akan ada konfirmasi sandi baru, ketikkan saja sandi yang baru dan juga ketik nomor yang bisa dihubungi di saat ponsel ditemukan.
  • c. Opsi Erase, untuk fitur yang satu ini untuk menghapus seluruh data smartphone dari jarak jauh. Data yang akan terhapus meliputi semua data kontak, aplikasi, data galery music dan lain sebagainya. Bila ponsel yang terlacak dalam kondisi mati maka nantinya setelah ponsel tersebut hidup maka proses penghapusan akan berlangsung.

Sementara itu Dulu Ulasan Admin Dunia Android tentang cara melacak ponsel hilang dengan aplikasi Find My Device.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...