» , » Efek yang Terjadi ketika Internal Memori Android Penuh

Efek yang Terjadi ketika Internal Memori Android Penuh



Walau sekarang ini sudah jamak smarphone android dengan Ruang memori internal berukuran Besar namun penggunannya juga semakin getol untuk memasukkan file apa saja ke dalam Penyimpanan telepon tersebut. Ternyata ada lho efek yang ditimbulkan ketika space internal memori ponsel sudah low dan hanya tersisa beberapa Megabit (MB) saja, mari cari tahu apa saja efek yang terjadi ketika ponsel sudah kehabisan ruang memori internalnya.

memori internal android habis efeknya?

Seperti diketahui bahwa smartphone pada umumnya mempunyai 3 tipe ruang penyimpanan yaitu Internal memori, Phone memory dan juga eksternal memori. Dimana internal memori itu sendiri pemakaiannya juga sebagian digunakan untuk file sistem dan dalam kondisi default setiap anda menginstall aplikasi akan masuk ke dalam internal memori.

Pemakaian ponsel secara terus menerus tentunya akan berakibat bertumpuknya berbagai file tersimpan, baik itu file data, foto, video, bahkan file sampah dan temporary akan memenuhi ruang penyimpanan smartphone. Akibatnya tentu akan terasa ketika space memori internal dalam kondisi Low Space dan tinggal beberapa MB saja.

Efek Low Memory Internal pada Ponsel Android


1. Aplikasi Macet

apa efek space memori habis di android?





Salah satu pertanda habisnya memori internal bisa menyebabkan aplikasi yang sedang berjalan terhenti atau keluar sendiri ketika sedang dimainkan. Karena di setiap aplikasi yang berjalan memerlukan file temporary dan cache maka ketika memori sudah habis dan tidak ada tempat untuk eksekusi file yang diperlukan maka aplikasi bisa terhenti mendadak dan macet

2. Ponsel Lemot

Bila anda merasakan kinerja smartphone sudah melambat silahkan coba cek internal memorinya, apakah masih banyak atau sudah Low, dan bila sudah minim sekali cobalah untuk menghapus sebagian aplikasi atau menghapus file cache agar kembali longgar.

Melambatnya kinerja ponsel karena low memori internal karena terlalu banyak file yang harus diindex secara berkala oleh sistem sehingga proses pengindexan membutuhkan kinerja prosesor serta RAM yang besar dan berdampak pada melambatnya sistem


3. Gagal Update Aplikasi

Banyak kejadian gagalnya Update dan Unduhan aplikasi dari playstore disebabkan karena minimnya memori internal ponsel. Bila anda merasakan efek yang demikian silahkan kosongkan memori setidaknya minimal space 500 MB harus tersedia

4. Boros baterai

Ternyata kebanyakan File di memori penyimpanan juga membikin daya beterai boros dikarenakan proses pembacaan setiap file (index file) bisa dilakukan berulang oleh sistem sehingga kinerja hardware untuk membacanya pasti membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit

5. Ponsel Panas

Seperti halnya efek boros baterai diatas, kinerja hardware untuk selalu membaca file-file di internal memori yang begitu besar bisa mengakibatkan panasnya komponen ponsel. Salah satu komponen yang terforsir kinerjanya yaitu Prosesor dan komponen RAM, semakin keras kinerjanya semakin tinggi suhu yang dihasilkan.

Dengan beberapa efek yang bisa ditimbulkan oleh memori internal HP android yang sudah penuh diatas bisa diatasi dengan beberapa langkah seperti memindah aplikasi ke memori eksternal, membersihkan cache file secara berkala, membersihkan sampah dan file yang tidak terpakai dan lain sebagainya. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk pembaca Dunia android semuanya, terima kasih.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...